Rabu, 18 Mei 2011

Bangsa Ikan Gabus (Channiformes)

Ada yang suka ikan gabus? Bagi yang hobi memancing pasti tahu ikan ini.


IKAN GABUS, suatu kelompok ikan air tawa bertubuh memanjang dari Afrika dan Asia. Pertalian kekerabatan kelompok ini agak tak pasti dan untuk saat ini ikan-ikan tersebut ditempatkan di dekat kawanan bangsa ikan kerapu, yaitu ordo Perciformes. Tubuhnya panjang, silindris, kepala sangat mirip kepala ular, sirip punggung dan sirip anus panjang berduri lunak. Tubuhnya biasanya bercoreng-moreng dengan corak-corak cokelat, terkadang dengan tanda-tanda merah. Pola warna berbeda bagi setiap spesies, tetapi coraknya bercampur sesuai dengan latar belakangnya. Ikan ini merupakan ikan buas yang agresif. Panjangnya biasanya 75 cm, dengan rahang besar dan menantang.

Ikan gabus sering hidup di perairan tercemar, menggenang dan seperti banyak ikan lain dalam tipe lingkungan ini, ikan ini telah mengembangkan organ-organ pernapasan tambahan. Bilik-bilik insang berkantung-kantung kecil yang terlipat dan diperlengkapi secara baik dengan pembuluh-pembuluh darah guna menyerap zat asam. Bila air mengering, ikan ini membenamkan dirinya ke dalam lumpur, tetapi mampu juga bergerak melintasi daratan dengan gerakan-gerakan mendayung yang khas dengan sirip-sirip dadanya.

Di Asia Tenggara, ikan ini merupakan ikan makanan penting, sebagian besar karena kemampuannya bertahan hidup untuk jangka waktu lama di luar air, dan dengan begitu tetap dalam kondisi bagus sampai terjual. Ada dua genus, Ophicepalus (secara harfiah berarti si kepala ular) dan Channa, yang mempunyai satu spesies yang tidak bersirip pinggul. Ikan ini telah berhasil diperkenalkan ke bagian-bagian Amerika Serikat. (sumber: Ensiklopedia Indonesia, seri Fauna)>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar